Panjz-Online

by Unknown on Wednesday 15 May 2013

Panjz-Online


Kurangi Resiko Malaria Dan Demam Berdarah Dengan Pelihara Ikan Cupang

Posted: 15 May 2013 05:42 AM PDT


Kurangi Resiko Malaria Dan Demam Berdarah Dengan Pelihara Ikan CupangMungkin kita sudah pernah tahu pada ikan satu ini,yang bisa di adu atau di jadikan periharaan di rumah,dengan bermacam warna dan jenis,ikan ini banyak di gemari masyarakat.
dialah ikan cupang (Ctenops vittatus) ,,atau banyak yang bilang ikan aduan, karena sering di gunakan untuk mengadu..baik di kalangna anak muda bahkan sampai orang tua.
bahkan utuk memberi makanan pun cukup mudah..salah satunya adalah jentik nyamuk.
Ikan cupang (Ctenops vittatus) salaha satu ikan yang bisa membantu manusia mengendalikan vektor malaria.
vektor iini berupa jentik yang nantinya akan berkembang menjadi nyamuk dewasa..
nyamuk dewasa,khusunya nyamuk betina dengan jenis Anopheles(untuk malaria) dan Aedes aegypti (untuk demam berdarah) secara rutin akan terus bertelur setalah mnghisap darah manusia,ini mungkin akan menjadi ancaman penyakit demam berdarah, Nah karena ikan cupang menyukai jentik nyamuk,maka ikan cupang bisa di gunakan sebagai antisipasi pertumbuhan demam berdarah atau nyamuk jenis lainnya,,yang bisa kita taro di kolam,akuarium dan lain sebagainya yang menampung air.
Nah selain ikan cupang anda bisa juga membeli ikan cere, iakan kepala timah (Aplocheilus panchax), atau ikan guppy (poecelia reticula).
pengendalian dengan menggunakan ikan cupang ini merupakan salah satu dari pengendalian non-kimiawi terhadap vektor malaria dan demam berdarah,selain dengan ikan cupang kita juga bisa dengan cara lain dengan memodifikasi lingkunagn dengan cara pinimbunan kolam dan pengeringan genangan air yang terdapat di sekitar rumah.

semoga bermanfat
sumber: harian sentana

Leave a Reply

Popular Posts